Beliau
adalah seorang ulama besar sehingga suatu kewajaran jika sekarang ini banyak
kaum muslimin menyanjungnya dan mencintainya. Sebagian kaum muslimin yang
menjadikan Syaikh Abdul Qadir Al Jailani sebagai wasilah (perantara) dalam do’a
mereka. Karena tawasul adalah salah satu sunah nabi SAW….sebagaiman nabi adam
bertawasul dgn nabi muhammad (lihat hadits qudsi)
Syaikh
Abdul Qadir Al Jailani adalah seorang ‘alim di Baghdad yang lahir pada tahun
490/471 H di kota Jailan atau disebut juga Kailan. Sehingga di akhir nama
beliau ditambahkan kata Al Jailani atau Al Kailani atau juga Al Jiliy.
Pendidikannya
Pada
usia yang masih muda beliau telah merantau ke Baghdad dan meninggalkan tanah
kelahirannya. Di sana beliau belajar kepada beberapa orang ulama seperti Ibnu
Aqil, Abul Khatthath, Abul Husein Al Farra’ dan juga Abu Sa’ad Al Mukharrimi
sehingga mampu menguasai ilmu-ilmu ushul dan juga perbedaan-perbedaan pendapat
para ulama.
Dakwahnya
Beliau
berdakwah lebih dari 25 tahun seorang diri, meninggalkan kampung halaman,
berjalan dari kampung ke kampung, melintasi hutan, gurun pasir, sungai ,
menjumpai umat…mendakwahkan kalimat iman…. (lihat manaqib beliau) dalam
perjalanan dakwah belaiu inilah banyak karamah2 yang diceritakan dalam kitab
manaqib yang ditulis oleh murid murid belaiu yang terpercaya.
Suatu
ketika Abu Sa’ad Al Mukharrimi membangun sekolah kecil di sebuah daerah yang
bernama Babul Azaj dan pengelolaannya diserahkan sepenuhnya kepada Syaikh Abdul
Qadir (setelah beliau kembali dari dakwah selama 25 tahun tsb). Beliau
mengelola sekolah ini dengan sungguh-sungguh. Bermukim di sana sambil
memeberikan nasehat kepada orang-orang yang ada di sana, sampai beliau
meninggal dunia di daerah tersebut.
Banyak
sudah orang yang bertaubat demi mendengar nasihat beliau. Banyak orang yang
bersimpati kepada beliau, lalu datang ke sekolah beliau. Sehingga sekolah ini
tidak kuat menampungnya. Maka diadakan perluasan.
Imam
Adz Dzahabi dalam menyebutkan biografi Syaikh Abdul Qadir Al Jailani dalam
Siyar A’lamin Nubala, menukilkan perkataan Syaikh sebagai berikut, “Lebih dari
lima ratus orang masuk Islam lewat tanganku, dan lebih dari seratus ribu orang
telah bertaubat.”
Murid-murid
beliau banyak yang menjadi ulama terkenal, seperti Al Hafidz Abdul Ghani yang
menyusun Umdatul Ahkam Fi Kalami Khairil Anam. Ibnu Qudamah penyusun kitab fiqh
terkenal Al Mughni.
kefahaman
beliau sangat tinggi dalam ilmu agama, risau dan fikir belaiu untuk ummat yang
sangat mendalam. membuat beliau sanggung mengorbankan harta dan dirinya untuk
mendakwahkan agama Allah.
karamah2
yang allah berikan pada wali2 Allah dari kalangan umat ahir zaman, umat
rasulullah saw adalah lebih dahsyat dari mukjizat nabi nabi zaman bani israil.
Karena tugas umat nabi muhammad adalah sama dengan tugas nabi muhammad yaitu
berdakwah kepada umat seluruh alam sampai hari kiamat. Maka wajar jika
nusratullah yang Allah berikan lebih besar dari mukjizat nabi-nabi bani israil
yang hanya berdakwah di satu kaum yaiutu kaum bani israil saja bukan untuk umat
seluruh alam.
seperti
kisah syaikh abdul kadir, dengan karamahnya beliau diganggu oleh iblis, belaiu
terbang didepan murid2nya, menghidupkan orang mati didepan 3 pendeta nasrani
shg tiga pendeta ini masuk islam (lebih hebat dari mukjizat nabi isa as).
Beliau
memanggil burung yang sudah ia masak dan ia makan , dan burung itu hidup
kembali. Beliau memnaggil burung tsb dgn membaca ayat ttg nabi ibrahim
memanggil kembali burung yang sudah nabi ibrahim potong2 dan diletakan di atas
gunung-gunung. Bnayk sekali karamah2 yang allah berikan padanya. Dan itu adalah
mungkin dan tidak mustahil karena allah maha kuasa dan maha berkehendak.
Wafatnya
Beliau
Wafat pada hari Sabtu malam, setelah maghrib, pada tanggal 9 Rabi’ul Akhir
tahun 561 H di daerah Babul Azaj.
Pendapat
Para Ulama tentang Beliau
Ketika
ditanya tentang Syaikh Abdul Qadir Al jailani, Ibnu Qudamah menjawab, “Kami
sempat berjumpa dengan beliau di akhir masa kehidupannya. Beliau menempatkan
kami di sekolahnya. Beliau sangat perhatian kepada kami. Kadang beliau mengutus
putra beliau Yahya untuk menyalakan lampu buat kami. Terkadang beliau juga
mengirimkan makanan buat kami. Beliau senantiasa menjadi imam dalam shalat
fardhu.”
Ibnu
Rajab di antaranya mengatakan, “Syaikh Abdul Qadir Al Jailani adalah seorang
yang diagungkan pada masanya. Diagungkan oleh banyak para syaikh, baik ulama
dan para ahli zuhud. Beliau memiliki banyak keutamaan dan karamah.
Ibnu
Rajab juga berkata, “Syaikh Abdul Qadir Al Jailani memiliki pendapat yang bagus
dalam masalah tauhid, sifat-sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala, takdir, dan ilmu-ilmu
ma’rifat yang sesuai dengan sunnah. Beliau memiliki kitab Al Ghunyah Li Thalibi
Thariqil Haq, kitab yang terkenal. Beliau juga mempunyai kitab Futuhul Ghaib.
Murid-muridnya mengumpulkan perkara-perkara yang banyak berkaitan dengan
nasehat dari majelis-majelis beliau. Dalam masalah-masalah sifat, takdir dan
lainnya, ia berpegang pada sunnah. “
Imam
Adz Dzahabi mengatakan, “intinya Syaikh Abdul Qadir Al Jailani memiliki
kedudukan yang agung”.
Imam
Adz Dzahabi juga berkata, “Tidak ada seorangpun para ulama besar yang riwayat
hidup dan karamahnya lebih banyak kisah hikayat, selain Syaikh Abdul Qadir Al
Jailani”
AQIDAH
SYAIKH ABDUL QADIR JAILANI SAMA DENGAN AQIDAH IMAM ADZAHABI YAKNI MENAFIKAN
TEMPAT DAN TEMPAT DAN ARAH…lihat kitab imam adzahabi , beliau tidak mensifati
allah dengan sifat makhluq, tidak mensifati Allah dgn tempat dan arah, tidak
mensifati allahn dgn sifat duduk, berdiri, berlari2 kecil dsb.
AL-HAFIZ
AZ-ZAHABI KAFIRKAN AKIDAH: ALLAH DUDUK
AL-HAFIZ
AZ-ZAHABI KAFIRKAN AKIDAH: ALLAH BERSEMAYAM/DUDUK
Oleh:
Abu Syafiq ( Tel HP 006-012-2850578)
*Bersemayam
yang bererti Duduk adalah sifat yang tidak layak bagi Allah dan Allah tidak
pernah menyatakan demikian, begitu juga NabiNya.
Hakikat
kebenaran tetap akan terserlah walaupun lidah syaitan Wahhabi cuba merubahnya.
Kali
ini dipaparkan bagaimana rujukan utama Wahhabi iaitu Al-Hafiz Az-Zahabi sendiri
mnghukum kafir akidah sesat: Allah Bersemayam/Duduk yang dipelopori oleh
Wahhabi pada zaman kini. Az-Zahabi adalah Syamsuddin Abu Abdullah Muhammad bin
Ahmad bin Uthman bin Qaymaz bin Abdullah ( 673-748H ). Pengarang kitab Siyar
An-Nubala’ dan kitab-kitab lain termasuk Al-Kabair.
Az-Zahabi
mengkafirkan akidah Allah Duduk sepertimana yang telah dinyatakan olehnya
sendiri di dalam kitabnya berjudul Kitab Al-Kabair. Demikian teks Az-Zahabi
kafirkan akidah “ Allah Bersemayam/Duduk” :
Nama
kitab: Al-Kabair.
Pengarang:
Al-Hafiz Az-Zahabi.
Cetakan:
Muassasah Al-Kitab Athaqofah,cetakan pertama 1410h.
Terjemahan.
Berkata
Al-Hafiz Az-Zahabi:
“Faidah,
perkataan manusia yang dihukum kufur jelas terkeluar dari Islam oleh para ulama
adalah: …sekiranya seseorang itu menyatakan: Allah Duduk untuk menetap atau
katanya Allah Berdiri untuk menetap maka dia telah jatuh KAFIR”. Rujuk scan
kitab tersebut di atas m/s 142.
Perhatikan
bagaimana Az-Zahabi menghukum kafir sesiapa yang mendakwa Allah bersifat Duduk.
Sesiapa yang mengatakan Allah Duduk maka dia kafir.
Fokuskan
pada kenyataan Az-Zahhabi tidak pula mengatakan “sekiranya seseorang itu kata
Allah Duduk seperti makhlukNya maka barulah dia kafir” akan tetapi amat jelas
Az-Zahabi terus menghukum kafir kepada sesiapa yang mendakwa Allah Duduk
disamping Az-Zahabi menukilkan hukum tersebut dari seluruh ulama Islam.
:
Pemahamannya
Beliau
seorang Imam bermadzhab Hambali. Menjadi guru besar madzhab ini pada masa hidup
beliau. Beliau adalah seorang alim yang beraqidah ahlus sunnah mengikuti jalan
Para Pendahulu Islam Yang Sholeh. Dikenal banyak memiliki karamah-karamah.
SYAIKH
ABDUL KADIR MEMPUNYAI PEMAHAMAN AHLUSUNNAH WALJAMA’AH , BELIAU TIDAK
MENGGUNAKAN MAKNA DHOHIR DALAM MENTAFSIR AYAT/HADITS MUSTSYABIHAT. SMA
SEPERTI AQIDAH IMAM MADZAB YANG 4. INI BISA DILIHAT DALAM KITAB SIRRULASRAR
(RAHASIA ADRI YANG PALING RAHASIA. KEBOHONGAN WAHABI TENTANG PEMAHAMAN SAYIKH
ABDUL KADIR DENGAN MEMALSUKAN KATA2 BELIAU DALAM KITAB ALGHUNYAH.
BERIKUT
INI ADALAH RINGKASAN AQIDAH BELIAU :
Aqaidul
iman 50 ( Jawa: mu’taqot 50 ), yaitu kajian ilmu tauhid, sebagai dasar landasan
utama pengenalan kepada Allah SWT, sebagai bahan masukan disini, bukan untuk
membenarkan keyakinan saya dan menyalahkan yang lain atau sebaliknya, tapi
sebagai tambahan ilmu, kalau dianggap baik, silahkan diambil, kalau tidak
silahkan ditinggalkan, tidak ada paksaan, tidak ada judgment dan vonis.
Ilahi
anta maqsudi, waridlaka matlubi
(
Ya Allah, Hanya Engkaulah Tujuanku, dan hanya ridlamu yang aku harapkan )
Walillahil
masyriqu wal maghribu, fa aynama tuwallu fatsamma wajhullah, Innallaha waasi’un
‘aliim ( QS al baqarah 115 )
(
Dan kepunyaan Allah, belahan bumi timur dan barat, maka kemanapun tempat kamu
menghadap, maka disitu engkau menghadap pada Dzat Allah, sesungguhnya Allah,
Dzat yang maha luas dan Dzat yang maha mengetahui )
Awwalu
wajibin ‘alal insani ma’rifatul ilahi bistiqani ( kitab az zubad, syeikh Ibnu
Ruslan )
(
Kewajiban paling awal, bagi setiap manusia adalah mengenal dan mengetahui
Tuhannya dengan keyakinan yang jelas tanpa keraguan )
Bismillahirahmaniirrahiim
Aqaidul
iman 50 ( Jawa : mu’taqot seket ; 50 )
Allah
itu mempunyai sifat wajib,mustahil ( muhal ) dan sifat jaiz ( wenang )
Sifat
wajib Allah ada 20 dibagi jadi 4 bagian
1.
Sifat Nafsiyah
2.
Sifat Salbiyah
3.
Sifat Ma’ani
4.
Sifat Ma’nawiyah
1. Sifat Nafsiyah
Sifat yang dinisbahkan kepada Allah yang maksudnya ada, yaitu sifat wujud
Sifat mustahil /lawannya ( muhal ) = adam, artinya tidak ada
Dalil : Allahulladzii khalaqas samaawati wal ardla wamaa baynahuma
( Yaitu Allah, Dzat yang menciptakan tujuh lapisan langit dan bumi dan segala sesuatu yang ada diantaranya )
2. Sifat Salbiyah
1. Sifat Nafsiyah
Sifat yang dinisbahkan kepada Allah yang maksudnya ada, yaitu sifat wujud
Sifat mustahil /lawannya ( muhal ) = adam, artinya tidak ada
Dalil : Allahulladzii khalaqas samaawati wal ardla wamaa baynahuma
( Yaitu Allah, Dzat yang menciptakan tujuh lapisan langit dan bumi dan segala sesuatu yang ada diantaranya )
2. Sifat Salbiyah
Sifat
yang digunakan untuk menolak sesuatu yang tidak patut untuk dinisbahkan kepada
Allah. Ada 5 sifat yaitu : Qidam,Baqo,Mukhalafatu lil hawaditsi, Qiyamuhu
binafsihi, Wahdaniyah
Qidam = sudah sedia ada ( adanya tidak didahului oleh tidak
adanya)
Jawa:
gusti Allah iku mesti disek disek i ora ono sing disek I, kari ora ono kang
ngareni.
Dalil : huwal awwalu wal akhiiru
Huwa
yaitu Allah, al awwalu, Dzat yang awal, wal akhiiru
dan Dzat yang akhir
Sifat mustahil / lawan ( muhal ) qidam = huduts ( baru )
Baqo
= kekal / tetap, tetap dan kekalnya tidak dari diam tidak dari gerak, sebab
diam dan gerak itu pekerjaan makhluq
jawa : tetep , tetepe ora songko obah ora songko
meneng, sebab obah lan meneng iku penggawene makhluq
Dalil : Wayabqaa wajhu rabbika dzul jalaali wal ikraam
(Ar Rohman27)
Wayabqaa, dan tetaplah kekal, wajhu
rabbika ,dzat Tuhanmu Muhammad, dzul jalaali yang mempunyai sifat
keagungan, wal ikraam dan sifat kemulyaan.
Sifat mustahil/Lawan ( muhal ) baqo = fana ( rusak / binasa
)
Mukhalafatu lil hawaditsi = berbeda dengan segala sesuatu yang baru (makhluq).
Jawa: nulayani marang sekabehe barang kang anyar.
Perbedaannya
yaitu tidak berbentuk ( ora jerem ), tidak berbadan ( ora jisim ), tidak
seperti intan permata ( ora jauhar ), tidak ada rupa ( ora ‘arod ) tidak
betingkat – tingkat ( ora juz ), tidak terbagi ( ora kul ), tidak ada dalam
fikiran kita.
Dalil : laisa kamitslihi syaiun ( Asyuro 11 )
Laisa, tidak ada, yaitu kamitslihi
seperti persamaanNYa Allah, Syaiun dari segala sesuatu
Sifat
mustahil / lawan ( muhal ) = mumtsalatu lil hawaditsi ( sama dengan yang baru )
Qiyamuhu binafsihi = Berdiri diatas Dzatnya sendiri
Sifat
mustahil / lawan ( muhal ) = Ihtiyaju lighairihi, artinya mustahil jika Allah
butuh tempat kepada sesuatu selainNya
Dalil : Innallaha La ghaniyyun ‘anil ‘alamin ( al
ankabut : 6 )
Innallaha, sesungguhnya Allah, la ghaniyyun,
nyata dzat yang maha kaya/tidak butuh apapun, ‘anil ‘alamiin, kepada
semua alam
( tidak butuh tempat, tidak butuh waktu, tidak butuh apapun
)
Wahdaniyah = Allah itu Dzat Esa / satu yang hakiki
( jawa : Gusti Allah iku mesti siji kang hakiki )
Esa Dzat, tidak kamuttasil, tidak kammunfasil
Esa sifat, tidak kamuttasil, tidak kammunfasil
Esa perbuatan, kamuttasil wajib, tidak kammunfasil
( jawa : siji Dzate, kamuttasil ora, kammunfasil ora
siji sifate, Kamuttasil ora, kammunfasil ora
siji panggawene, kamuttasil wajib, kammunfasil ora )
Esa
Dzat, tidak kamuttasil artinya Dzat Allah itu tidak seperti bilangan yang dapat
disebut seperti bulu, kulit otot, daging, tulang, sum sum, bukan itu.
Tidak
Kammunfasil artinya : Dzat Allah itu tidak memakai bilangan yang pisah – pisah
seperti jari tangan, jari kaki, bukan itu.
Esa
sifat, tidak kamuttasil artinya sifat Allah itu tidak seperti warna yang dapat
disebut merah, hijau, kuning, putih, hitam, biru dan seterusnya, bukan
itu Esa sifat, tidak kammunfasil artinya sifat Allah itu tidak seperti
bilangan yang dapat dipisah pisah seperti tangan, kaki bukan itu.
Esa
perbuatan ( jawa: siji panggawene ) kamuttasil wajib artinya perbuatan Allah
itu pasti dapat ditemukan pada ciptaanNya
( jawa : Panngawene Gusti Allah iku mesti tetemu marang
gawenane )
Esa
perbuatan, tidak kammunfasil artinya Mustahil jika Allah itu sampai terpisah
dengan perbuatan atau ciptaanNya
Sifat
mustahil / lawan dari sifat Wahdaniyah = Muhal Ta’addud artinya mustahil jika
Allah itu sampai memakai bilangan, seperti satu dalam artian bilangan
Dalil : Qul Huwallahu ahad
Qul; katakanlah Muhammad, Allahu
yaitu Allah, itu Ahadun satu yang hakiki ( jawa: siji ngijeni kang
hakiki )
3. Sifat Ma’ani :
Artinya
Allah sebelum menjadikan langit bumi seisinya ini, maka Allah sudah memiliki
sifa Ma’ani yaitu Allah sudah kuasa, sudah berkehendak, sifat ma’ani ada 7
yaitu : Qudrat, Iradah, ‘Ilmu, Hayat, Sama’ , Bashar, Kalam
Qudrat
= Kuasa
Sifat
mustahil / lawan ( muhal ) = ‘Ajzun artinya Lemah ( jawa: apes )
Dalil
: Innallaha ‘ala kulli syain qadiir ( Qs Albaqarah 20 )
Innallaha,
sesungguhnya Allah, ‘ala kulli Syain diatas segala sesuatu, Qadiruun, Kuasa
Iradat
= Allah itu mempunyai kehendak / Berkehendak
Sifat
Mustahil/lawan (muhal) = Karohah artinya Mustahil kalau sampai Allah itu
terpaksa menuruti kehendak Makhluq ( jawa: kasereng )
Dalil
: Fa’aalul lima yuriidu ( Qs Al buruj 16 )
(
Dzat yang banyak mencipta segala sesuatu menurut kehendakNya )
‘Ilmu
= Allah Maha mengetahui ( Jawa : Ngudaneni )
Sifat
Mustahil / lawan ( muhal ) = Jahlun artinya, mustahil jika Allah itu bodoh
Dalil
: Innallaha ‘alimun bidzaatish shuduuri ( Qs Al Imron 119 )
Innallaha,
sesungguhnya Allah, ‘aliimun, Dzat yang maha mengetahui, bidzaatish shuduuri,
diatas orang – orang yang memiliki beberapa macam keadaan hati
jawa:
Setuhune Gusti Allah iku ngudaneni kelawan wong kang anduweni piro – piro ati)
Hayat
= Allah itu maha hidup, hidupNya tidak pakai nyawa, tidak pakai sukma
Sifat
mustahil / lawan ( muhal ) = Mautun artinya mustahil jika Allah sampai mati.
Dalil
: Watawakkal ‘alal hayyilladzii laa yamuutu ( Qs Al Furqan 58 )
Watawakkal,
dan bertawakal/pasrah lah engkau Muhammad, kepada Hayyilladzii, Dzat yang maha
hidup, laa yamuutu, yang tidak akan mati.
Sama’
= Allah Maha mendengar, mendengarNya tidak pakai telinga ( Jawa : ngerungu,
ngerungune ora nganggo kuping )
Sifat
mustahil/lawan ( muhal ) = Shomamun, artinya mustahil jika Allah itu tuli
Dalil
: Innallaha Samii’un ‘aliim ( Qs Al Imron 34 )
Innallah,
sesungguhnya Allah, itu Samii’un, Dzat yang maha mendengar, ‘aliimun dan Dzat
maha mengetahui.
Bashar
= Allah Maha melihat, melihatNya tidak pakai mata ( Jawa: Gusti Allah iku mesti
ningali, ningalane ora nganggo meripat )
Sifat
mustahil/lawan ( muhal ) = ‘Umyun artinya mustahil jika Allah buta
Dalil
: Wallahu bashiirun bimaa ta’maluna ( Qs Al Hujurat 18 )
(
Dan Allah itu Dzat yang maha melihat atas segala sesuatu perbuatan yang kamu
lakukan )
Kalam
= Allah itu maha berfirman ( berkata – kata ) berkata –katanya Allah tidak
pakai suara dan aksara (jawa: Gusti Allah mesti dawuh, dawuhe ora nganggo
suoro, ora nganggo aksoro )
Sifat
mustahil / lawan ( muhal ) = bukmun artinya mustahil jika Allah itu dzat yang
bisu
Dalil
: Wakalamallahu Muusa takliiman
Wakalamallahu,
dan telah berfirman / berbicara Allah, Muusa kepada nabi Musa, takliiman dengan
sebenar – benar berbicara / berfirman.
4. Sifat Ma’nawiyah :
Setelah
menjadikan langit bumi sesisinya, Allah mempunyai sifat ma’nawiyah artinya
Allah itu Yang Kuasa, Yang berkendak dan seterusnya, sifat ma’nawiyah ada 7 yaitu
: Qadiran, Muridan, Aliiman, Hayyan, Samii’an, Bashiiran, Mutakalliman.
Kaunuhu
Qadiran = adanya Allah itu Dzat yang Kuasa
Sifat
mustahil / lawan = ‘Ajizan artinya mustahil Allah dzat yang lemah
Dalil
= sifat qudrat
Kaunuhu
Muriidan = adanya Allah itu dzat yang berkehendak
Sifat
mustahil / lawan = Karihan artinya mustahil Allah dzat yang tidak berkehendak (
menuruti kehendak makhluq )
Dalil
= dalil sifat iradat
Kaunuhu
Aliiman = Adanya Allah itu Dzat yang maha mengetahui
Sifat
mustahil / lawan = Jahilan artinya mustahil Allah dzat yang bodoh
Dalil
= dalil sifat ‘ilmu.
Kaunuhu
Hayyan = adanya Allah itu dzat yang maha hidup
Sifat
mustahil / lawan = mayyitan artinya mustahil Allah dzat yang mati
Dalil
= dalil sifat hayat.
Kaunuhu
samii’an = adanya Allah itu dzat yang maha mendengar
Sifat
mustahil / lawan = Ashomma artinya mustahil Allah dzat yang tuli
Dalil
= dalil sifat sama’
Kaunuhu
Bashiiran = adanya Allah itu dzat yang maha melihat
Sifat
mustahil / lawan = a’ma artinya mustahil Allah dzat yang buta
Dalil
= dalil sifat bashar.
Kaunuhu
Mutakalliman = adanya Allah itu dzat yang maha berbicara
Sifat
mustahil / lawan = Abkama artinya mustahil Allah dzat yang bisu
Dalil
= dalil sifat kalam.
Sifat
Jaiz ( kewenangan ) Allah ada satu dijabarkan jadi 5, ditambah sifat
mustahilnya 5 jadi 10 :
1) Allah menjadikan langit bumi
seisinya kewenangan Allah, mustahil jika Allah menjadikan langit bumi seisinya
wajib
2) Allah menjadikan langit bumi seisinya
tidak berharap manfaat, mustahil jika berharap manfaat
3) Allah menjadikan langit bumi
seisinya, langit bumi seisinya ini tidak punya daya kekuatan, mustahil jika
punya daya kekuatan
4) Allah menjadikan langit bumi
seisinya, langit bumi sesisinya tidak punya daya watak / sifat
5) Allah menjadikan langit bumi
seisinya ini baru, mustahil jika qidam
Aqaidul
iman 50 dibagi jadi 2 yaitu :
1.
Istighna’
2.
Iftiqar
Istighna’
angkullima siwaahu artinya Allah itu maha kaya, tidak butuh sesuatu selainNya,
sifatnya ada 28 ( termasuk sifat wajib, mustahil dan jaiz ) yaitu : wujud,
qidam,baqa, mukhalafatu lil hawaditsi, qiyamuhu binafsihi, sama’, bashar,
kalam, samii’an, bashiiran, mutakalliman ( 11 ) , sifat mustahilnya 11, jadi
22,
sifat
jaiz 3 ( yaitu no 1- 3 diatas ) ditambah mustahil jaiznya 3, jadi 6
22
ditambah 6 = 28
Istighna’
sendiri dibagi menjadi 5
- Istighna’ fa’il : Allah maha kaya, tidak butuh pada perbuatan ( jawa: ora butuhmarang gawe ) sifatnya yaitu : wujud, qidam, baqa, mukhalafatu lil hawaditsi
- Istighna’ mahal : Allah maha kaya, tidak butuh pada tempat, sifatnya yaitu qiyamuhu binafsihi
- Istighna’ mukammil : Allah maha kaya, tidak butuh pada sesuatu yang menyebabkan sempurna, sifatnya yaitu sama’ bashar, kalam, samii’an, bashiiran, mutakalliman
- Istighna’ maf’ul : Allah maha kaya, tidak butuh pada ciptaanNya, sifatnya sifat jaiz no 1 dan 2, ditambah sifat mustahil dari sifat jaiz tersebut.
- Istighna’ washitoh : Allah maha kaya, tidak butuh pada lantaran, sifatnya sifat jaiz no 4 ditambah sifat mustahil dari sifat jaiz tersebut.
Iftiqar
kullima ‘adaahu ilahi : setiap sesuatu selain Allah pasti butuh pada Allah
terdiri
dari 22 sifat ( wajib, mustahil, jaiz ) Yaitu : qudrat, iradat, ilmu, hayat,
qadiran, muriidan, ‘aliiman, hayyan, samii’an, wahdaniyah ( 9 sifat )
mustahilnya 9 sifat, ditambah sifat jaiz no 4 dan 5, serta sifat mustahil bagi
sifat jaiznya 2, jadi jumlahnya 22 sifat.
Istighna’
28 sifat , dibagi jadi 2
1.Sifat
kamal artinya sempurna, terdiri dari 12 sifat ( wajib, mustahil, jaiz )
2.Sifat
Jamal artinya indah, terdiri dari 16 sifat ( wajib, mustahil, jaiz )
Iftiqar
22 sifat dibagi jadi 2
1.Sifat
Jalal, artinya Agung, terdiri dari 10 sifat ( wajib, mustahil, jaiz )
2.Sifat
Qohar, artinya Perkasa, terdiri dari 12 sifat ( wajib, mustahil, jaiz )
Istghna’
28 sifat ditambah iftiqar 22 sifat disebut aqaidul iman 50
Semua
sifat diatas terangkum dalam kalimah tauhid :
Laa
ilha illa Allah
Laa,
mengandung sifat kamal 12
Ilaha,
mengandung sifat jamal 16
Illa,
mengandung sifat jalal 10
Allahu,
mengandung sifat qohar 12
Jumlah
50 sifat.
Huruf
kalimah tauhid laa ilaha illa Allah, 12 huruf
Lam,
lafad Laa, artinya tidak ada yang lainnya
Alif,
lafad laa, mustahil jika Allah ada yang lainnya lagi.
Alif,
lafad ilaha, itsbat iradat artinya tetap pada kehendak Allah
Lam,
lafad ilaha, Nafi mujtahid nakiroh, artinya hati – hati jangan berharap pada
Tuhan yang lain, kecuali Allah.
Ha,
lafad ilaha, itsbat ahadiyah, tetap satu/esa dzat Allah
Alif,
lafad illa, itsbat hidayah, tetap petunjuk dari Allah
Lam,
lafad illa, lam nafi ‘ubudiyah, artinya tidak ada sesembahan selain Allah
Alif,
lafad illa, artinya mustahil jika ada sesembahan selain Allah.
Alif,
lafad Allahu, itsbat wahdiyah, tetap satu hakiki sifat Allah
Lam
awwal, lafad Allah, itsbat ta’dim artinya tetap keagungan milik Allah
Lam
tsani, lafad Allah, mustahil jika Allah itu tidak bersifat agung.
Ha,
lafad Allah itsbat Hawiyah, artinya tetap keluasan milik Allah
Huruf
Lafad Allah itu ada 4, menunjukkan kalau ilmu ada 4 yaitu :
1.
Ilmu Syari’at
2.
Ilmu Thoriqoh
3.
Ilmu haqiqah
4.
Ilmu Ma’rifah
Ilmu
syari’at
artinya
aturan tempatnya di lisan, orangnya harus mempunyai niat, ibadah wudlunya
dengan air, sholatnya berdiri, ruku’, sujud, duduk, yang mengerjakan 7 anggota
badan
Ilmu
Thoriqah
Artinya
jalan atau perjalanan, tempatnya di hati, orangnya harus berbuat atau beramal,
ibadah wudlunya meninggalkan sifat dengki atau hasud, sholatnya menampakkan
sifat belas kasih sesama makhluq, yang mengerjakan hati
Ilmu
Haqiqah
Artinya
Nyata, tempatnya di ruh atau nyawa, orangnya harus meninggalkan perasaan bisa (
jawa : tinggal rumongso ) ibadah wudlunya harus tinggal takabbur, ujub dan
sombong, sholatnya menampakkan sifat sabar yang mengerjalan ruh.
Ilmu
ma’rifah
Artinya
mengerti / mengetahui, tempatnya ada di rasa ( jawa: pangeroso ) orangnya harus
ngerti, ibadah wudlunya tenang ( jawa : anteng ) sholatnya harus sungguh –
sungguh ( khusyuk dan mudawamah / terus menerus tanpa mengenal waktu ) yang
mengerjakan rasa (jawa: pangeroso )
Macam
Syahadat :
1. Syahadat Mutaawwilah artinya syahadat yang pertama,
Syahadatnya Allah sendiri Bunyinya : Innanii anallahu laa ilaha illa ana
( Qs Thoha 14 )
( Sesungguhnya Aku ini Allah, tidak ada tuhan selain Aku )
Syahadat Mutawashitoh artinya Syahadat yang tengah – tengah, seperti syahadatnya malaikat, para nabi dan rasul dan para orang mukmin semua
Syahadat Mutawashitoh artinya Syahadat yang tengah – tengah, seperti syahadatnya malaikat, para nabi dan rasul dan para orang mukmin semua
yaitu : Asyahadu anlaa ilaha illallah ( QS Al Imron 18 )
dalil : Syahidallahu annahu laa ilha illa huwa wal malaikatu
wa ulul ‘ilmi
3Syahadat Muta akhirah artinya
syahadat yang terakhir yaitu syahadat umum orang islam semua
Syarat
orang membaca syahadat harus memenuhi 3 perkara
- Nur Hidayah, barang siapa yang mendapat nur hidayah akan dijaga dari sifat musyrik dan perilaku syirik
- Nur Inayah, barang siapa yang mendapat nur inayah maka akan dijaga dari dosa besar
- Nur kifayah, barang siapa mendapat nur kifayah maka akan dijaga dari bersitan hati yang kotor dan jelek.
Sempurnanya
iman harus meninggalkan 4 perkara yaitu :
1. harus meniadakan pertanyaan kaifa ? ( Bagaimana Allah )
2. harus meniadakan pertanyaan, kam ? ( berapa Allah )
3. harus meniadakan pertanyaan ma ta ? ( kapan Allah itu ada )
4. harus meniadakan pertanyaan ayna ? ( dimana allah )
artinya
selama kita masih mempunyai keraguan atas pertanyaan diatas, dan belum mendapat
jawaban, maka itu tanda iman kita belum sempurna.
Tanda
islam itu ada 4 yaitu :
1. Mengaku lemah dan fakir dihadapan Allah
2. Suci lisan dari bohong
3. Suci badan dari najis
4. Suci perut dari barang haram
Rusaknya
Islam itu ada 4 perkara
1. Melakukan amal perbuatan tanpa ilmu, tidak tahu wajib, sunnah atau wenang
2. Mengerti ilmu tapi tidak mau beramal
3. Tidak mengerti atau tidak tahu, tapi tidak mau bertanya
4. Menghalang – halangi dan menjelekkan orang yang mencari kebaikan karena
Allah
Wallahu ‘alam bishawab.
Hanya untuk referensi :
- Untuk aplikasi / penerapan tauhid dalam kehidupan sehari–hari, kitab rujukan al hikam, Syeikh Ibnu Athaillah al iskandari
- Untuk pendalaman tauhid, kitab rujukan, Al insan al kamil, syeikh Abdul karim ibnu ibrahim al jilli, kasyful mahjub ( syeikh Al hujwiri ), Jami’ al ushul fi al auliya,
- kitab pendukung tassawuf, Risalah al qusyairiyah ( syeikh abul qasim al Qusyairy), Al fath al rabbani, Sirrul al Asraar ( syeikh Abdul Qadir al Jailani ), Minhaj Al ‘Abidin ( Syeikh Imam Al Ghazali ), Minahus Saniyah ( syeikh Abdul wahab asy sya’rani )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar